CARA
MENGOPERASIKAN MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel (Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar
kerja) yang bisa digunakan untuk membuat tabel dan menyajikan data dalam bentuk
grafik. Excel dapat mengolah data (biasanya numerik) walalupun datanya dalam
skala besar (tetapi tidak terlalu besar, untuk data yang "super
besar" Microsoft punya andalan lain yakni Microsoft SQL Server 2005.
Karena Excel tergabung dengan Microsoft Office, maka sebagian perintah
maupun shortcut yang ada di Microsoft Word juga dapat digunakan di Excel. Pada
Excel, dalam satu file bisa menampung lebih dari satu lembar kerja. Itulah
sebabnya Excel juga dapat dinamakan workbook. Satu sheet Excel terdiri atas 256
kolom (A … IV). Perpotongan antara sebuah kolom dengan sebuah baris dinamakan
dengan cell (sel). Letak cell yang sedang aktif ditandai dengan sebuah kotak
segi empat berwarna hitam yang dinamakan dengan pointer cell (sel penunjuk).
Penggunaan dasar yang akan dicapai dalam mempelajari Microsoft Excel ini
adalah:
- Pengolahan data-data secara sederhana dalam lembar kerja
- Penggunaan fungsi-fungsi standar (built in) yang ada dalam Excel
- Pemformatan lembar kerja
- Penggunaan fungsi string
- Penggunaan fungsi logika
- Penggunaan fungsi pembacaan tabel
- Pembuatan grafik
- Pengurutan dan subtotal.
Untuk menggunakan Excel, maka harus jalankan Excelnya dulu. Lembar kerja
Excel akan terlihat seperti dibawah ini :
MEMULAI
EXCEL 2000
Excel baru dapat dijalankan apabila sistem operasi windows telah kita
aktifkan. Langkah-langkah memulai bekerja dengan Excel 2000 sebagai berikut ;
Ø Aktifkan
komputer terlebih dahulu.
Ø Klik tombol
Start yang ada pada batang taskbar.
Ø Muncul
sejumlah menu, pilih Program.
Ø Klik
Microsoft Excel
Ø Tunggu
hingga tampil layar Excel 2000 yang masih kosong (lihat gambar).
Ø Excel siap
untuk digunakan.
Add caption |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar