Rabu, 04 Januari 2012

T.I.K

CARA MENGOPERASIKAN MICROSOFT EXCEL

Microsoft Excel (Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja) yang bisa digunakan untuk membuat tabel dan menyajikan data dalam bentuk grafik. Excel dapat mengolah data (biasanya numerik) walalupun datanya dalam skala besar (tetapi tidak terlalu besar, untuk data yang "super besar" Microsoft punya andalan lain yakni Microsoft SQL Server 2005.

Karena Excel tergabung dengan Microsoft Office, maka sebagian perintah maupun shortcut yang ada di Microsoft Word juga dapat digunakan di Excel. Pada Excel, dalam satu file bisa menampung lebih dari satu lembar kerja. Itulah sebabnya Excel juga dapat dinamakan workbook. Satu sheet Excel terdiri atas 256 kolom (A … IV). Perpotongan antara sebuah kolom dengan sebuah baris dinamakan dengan cell (sel). Letak cell yang sedang aktif ditandai dengan sebuah kotak segi empat berwarna hitam yang dinamakan dengan pointer cell (sel penunjuk).

Penggunaan dasar yang akan dicapai dalam mempelajari Microsoft Excel ini adalah:
  • Pengolahan data-data secara sederhana dalam lembar kerja
  • Penggunaan fungsi-fungsi standar (built in) yang ada dalam Excel
  • Pemformatan lembar kerja
  • Penggunaan fungsi string
  • Penggunaan fungsi logika
  • Penggunaan fungsi pembacaan tabel
  • Pembuatan grafik
  • Pengurutan dan subtotal.

Untuk menggunakan Excel, maka harus jalankan Excelnya dulu. Lembar kerja Excel akan terlihat seperti dibawah ini :



MEMULAI EXCEL 2000

Excel baru dapat dijalankan apabila sistem operasi windows telah kita aktifkan. Langkah-langkah memulai bekerja dengan Excel 2000 sebagai berikut ;

Ø  Aktifkan komputer terlebih dahulu.
Ø  Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.
Ø  Muncul sejumlah menu, pilih Program.
Ø  Klik Microsoft Excel
Ø  Tunggu hingga tampil layar Excel 2000 yang masih kosong (lihat gambar).
Ø  Excel siap untuk digunakan.




Add caption


Tidak ada komentar:

Posting Komentar