Rabu, 12 Juni 2013

Averos Aulia Rahman




Memanfaatkan koran untuk melatih keterampilan mencari informasi dan memecahkan masalah

  • Alat dan bahan :
  1. Koran bekas
  2. Spidol / pulpen
  3. Lem
  4. Gunting
  5. Penggaris
  6. Penghapus
  7. Kertas polio
  • Kelebihan :
  1. Membuat anak bekerja secara aktif
  2. Membuat anak bisa saling bekerja sama dalam memecahkan masalah
  3. Media yang digunakan sangatlah sederhana dan efisien
  4. Melatih anak untuk berani tampil berbicara di depan kelas dan mengemukakan pendapatnya
  • Kelemahan :
  1. Dari segi pembelajarannya memerlukan waktu yang cukup lama
  2. Akan terdapat banyaknya sampah di kelas dikarenakan oleh Koran-koran tersebut
  3. Guru harus lebih ekstra memberikan pengawasannya agar tidak terdapat anak-anak yang bercanda dan kegiatan belajar berjalan dengan efektif
  •  Langkah-langkah Pembelajaran :
  1. Guru menugaskan siswa secara individu mengidentifikasi masalah yang terjadi di Indonesia melalui media Koran. Contoh : tema masalah tentang Ekonomi, siswa di suruh mencari informasi sesuai dengan tema tersebut misalnya tentang kegiatan jual-beli di pasar dll.
  2. Kemudian dibentuk kelompok lalu dipilih satu masalah terpenting di dalam kelompok tersebut untuk dipecahkan secara bersama-sama
  3. Siswa secara berkelompok menyiapkan bahan-bahan untuk pembelajran seperti koran bekas, spidol, kertas polio, lem, gunting,penghapus, dan pulpen
  4. Secara individu siswa mengidentifikasi masalah yang terjadi di Indonesia melalui bahan bacaan artikel Koran
  5. Berdasarkan hasil identifikasi individu, siswa di dalam kelompok berdiskusi dan bekerjasama memilih satu masalah untuk dipecahkan secara bersama, kemudian informasi / berita tersebut di gunting lalu di tempelkan di kertas polio.
  6. Di dalam kelompok siswa aktif berdiskusi dan bekerjasama untuk mengidentifikasi mengapa masalah tersebut bisa terjadi dan mencari alternatif pemecahan dari masalah yang telah dipilih
  7. Presentasi hasil karya kelompok dilakukan di depan kelas, dan hasilnya dikritisi oleh kelompok lain / oleh guru yang membimbing
  8. Siswa saling memberikan penilaian dari hasil karya kelompok
  9. Hasil karya dipajangkan dan guru mengumumkan serta memberikan penghargaan kepada karya kelompok yang mendapatkan penilaian terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar